Jumat, 29 Januari 2016

Cita-cita..



CITA-CITA?
“nanti pas kuliah mau masuk jurusan apa?”
“doain aja mau masuk jurusan kedokteran”
“wah, hebat banget calon dokter”

“nanti pas kuliah mau masuk jurusan apa?”
“doakan ya, semoga masuk jurusan PGSD”
“oh, mau jadi guru SD ya??”

Iya, aku.
Dulu gak ngerti sih kenapa pengen banget jadi Guru.
Mungkin, karena aku liat guru yang ngajar aku waktu TK itu baik banget? Ya, mungkin..
Dulu setiap ada kolom cita-cita pasti aku bakalan ngisi Guru. Pokoknya pengen jadi Guru. Titik.
Tapi, semua berubah saat Negara api menyerang. Eh, gakdeng. Jadi, waktu aku masuk awal-awal SMA entah kenapa aku pengen jadi Dokter, alasannya karena pengen ngebantuin orang yang sakit tapi gak punya uang terus juga pengen jadi Dokter relawan ke Gaza #IniBeneran #TanpaPencitraan #RealNoFake #AkuGakMaksutRiya #Ok

Etapi, aku baru sadar kalo ternyata dengkul ini lemes kalo ngeliat luka-luka yang parah kayak kaki bolong atau operasi otak. Entah kenapa jadi cemen gituL padahal dulu aku berani ngeliat darah!! Iya, darah bekas digigit nyamuk..
Akhirnya, aku masih harus mencari jati diri. Kira-kira aku bagusnya jadi apa ya besar nanti?
Dan, aku nanya ke temen-temen dekat aku.
Terus aku mendapat saran untuk masuk di jurusan komunikasi. Katanya, aku ini bagus kalo lagi ngomong. Uhm, maksudnya pinter ngomong gitu.. pinter ngehasut..
Iya sih, tapi.. entah kenapa aku masih kurang “klik” jadi aku mencoba mencari lagi.
Sampai aku menganalisa diri aku sendiri, ternyata aku ini sering ditanya tentang solusi masalah hidup terus aku juga seneng belajar mengenai sifat-sifat manusia..  jadi bisa disimpulkan, aku pengen masuk jurusan ARSITEK, hehe becanda aku pengen masuk jurusan psikolog. Ok, fix psikolog.

Berbulan-bulan sudah jurusan psikolog menjadi target aku nanti pas kuliah sampai sebuah test mematahkan analisa ku. Yaitu, aku tes stifin. Stifin itu semacam tes sidik jari, kalian bisa searching itu di google #NoPromosi.
Hasil dari tes tersebut mengatakan bahwa aku tidak cocok untuk masuk jurusan psikologi karena aku adalah seorang Intuinting Exstrovert. Jadi ya gitu..
Singkat cerita aku bingung lagi, sampe pada akhirnya aku mengingat cita-cita ku dulu yaitu menjadi orang kaya. Eh, menjadi Guru. Dengan ridho illahi akhirnya aku memilih jadi Guru.

Kenapa sih mau jadi Guru?
Karena..
kamu tau gak sih amal jariyah itu apa? Jadi, amal jariyah itu adalah amalan yang pahalanya akan terus menerus mengalir hingga hari kiamat. Dan, salah satu amal jariyah itu adalah Ilmu yang disebarluaskan dan salah satu cara menyebarluaskan ilmu ya jadi Guru. Dan, menurut aku itu sebuah investasi yang besar. Terus kenapa harus guru SD? Hm, kebayang gak sih ketika kamu ngajarin dia cara membaca atau cara berhitung dan ilmu itu akan terus dia pake sampe besar? Atau kamu nasehatin anak kecil dimana nanti nasehat kamu itu bakalan diinget sampe mereka besar? Well, lagi-lagi itu adalah investasi pahala yang besar.
Ya, itu salah satu alasan aku kenapa aku mau jadi guru. Karena, ada 1000 alesan lain kenapa aku mau jadi guru SD dan itu cukup aku & Allah swt yang tau #Pencitraan2k16.

Kalo mau cari uang, harta, jabatan Guru SD bukanlah cita-cita yang tepat. Bahkan, kebanyakan orang yang jadi Guru SD sekarang itu karena “kecelakaan” bukan karena niat / cita-cita mereka dari awal kuliah. Padahal, masa SD adalah masa psikologis anak itu lagi berkembang jadi gak boleh sembarang orang ngajar jadi Guru SD. Tapi, lagi-lagi “The Fault In Our Education System”
Dan, lagipula dengan jadi Guru SD bukan berate menghalangi kamu untuk bermimpi lebih tinggi ya. Aku sih kalo bisa setelah lulus S1 dan ngajar jadi Guru SD aku mau ngelanjutin S2 terus pengen punya “Toko Baju Muslim” dimana yang ngedesainnya itu aku, dan kalo bisa sih aku pengen jadi pahlawan pendidikan #ciegitu atau jadi Menteri Pendidikan Indonesia. Gak ada yang gak mungkin kan kalo kita usaha? Jadi, gak ada cita-cita rendah atau biasa. seluruh cita-cita itu hebat kalo kita memaknainya dengan berbagi sudut. Toh, pada akhirnya yang harus dikejar adalah Akhirat bukan dunia. Jadi jangan biarkan dunia menguasai hatimu, selalu sertakan Allah swt dalam setiap impian & cita-cita yang kita miliki. Insya Allah berkah.

Hm, jadi gitu. Semangat untuk menggapai cita-cita!

n.b: sebenernya nyambung gak sih aku ini ngomong apa? Malah jadi ceramah hehe.

Salam, Calon guru untuk anakmu nanti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your great comment guys.